(Foto: Prof. Dr. Sutarto, M. Pd, saat dikukuhkan sebagai guru besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika UNDIKMA)


Mataram - Reportase7.com

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Mataram menggelar Sidang Senat Terbuka, Selasa (10/10/2023) dengan agenda puncak Dies Natalis ke-4 dan Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika atas nama Prof. Dr. Sutarto, M. Pd.

Ketua Panitia Dies Natalis dan Pengukuhan Guru Besar UNDIKMA, Ni Ketut Alit Suarti dalam releasenya mengungkapkan bahwa rangkaian acara perayaan Dies Natalis telah dilaksanakan berbagai kegiatan, seperti kejuaraan olahraga Petanque antar Dosen perguruan tinggi se-Indonesia, lomba kebersihan antar unit kerja, Lomba Master of Ceremony (MC) antar mahasiswa UNDIKMA dan Lomba Moblie Legend antar mahasiswa perguruan tinggi se-Nusa Tenggara Barat.

"Para pemenang untuk semua cabang mata lomba diberikan hadiah pada acara puncak Dies Natalis tanggal 10 Oktober 2023 di Aula Handayani UNDIKMA," ungkapnya.

Lebih lanjut Ibu Alit mengungkapkan bahwa Dies Natalis ke-4 dan pengukuhan Guru Besar Universitas Pendidikan Mandalika dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB Dr. Aidy Furqon, M.Pd mewakili Penjabat Gubernur NTB, Ketua Pembina Yayasan Pembina IKIP Mataram Drs. H. Lalu Azhar, Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H. L. Rusmiady, SH., MM, Rektor beserta seluruh pimpinan, karyawan dan Dosen Undikma, mitra kerja UNDIKMA serta  kerabat Prof. Dr. Sutarto, M. Pd.

Rektor sebagai Ketua Senat Universitas Pendidikan Mandalika dalam pidato Dies Natalis menyampaikan, capaian UNDIKMA selama 4 tahun terakhir, mulai dari pengembangan kapasitas kelembagaan melalui kegiatan penataan data, peningkatan akreditasi dan kinerja tri dhrama perguruan tinggi. Di bidang kinerja penelitian, UNDIKMA saat ini berada pada kluster utama dan bidang pengabdian kepada masyarakat pada kluster Sangat Baik.

"Dosen bersertifikat juga semakin bertambah, layanan dan fasilitas juga terus ditingkatkan," terangnya bangga.

Animo masyarakat untuk melanjutkan studi ke UNDIKMA jata Rektor, juga setiap tahun mengalami peningkatan. Di tahun 2023, mahasiswa baru UNDIKMA sebanyak 2.251 dan menjadi PTS dengan jumlah mahasiswa baru terbanyak di NTB.

Prof. Dr. Sutarto, M. Pd, Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika yang dikukuhkan oleh Senat Universitas Pendidikan Mandalika tercatat sebagai Dosen tetap Yayasan Pembina IKIP Mataram pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sain Teknik dan Terapan. Pria yang  lahir di Dompu pada tanggal 15 Juni 1985 menyelesaikan studi S1 di IKIP Mataram, S2 Universitas Negeri Yogjakarta dan S3 Universitas Negeri Malang.

Dalam pidato Guru Besarnya, Prof. Dr. Sutarto, M. Pd, menyampaikan bahwa kemampuan conjecturing adalah kemampuan dalam membangun konjektur. Konjektur adalah suatu pernyataan yang dihasilkan dari proses penalaran tapi kebenarannya belum dapat dipastikan. Dalam membangun konjektur, Slow Learner mengalami kesalahan dalam mengamati kasus, mengorganisir kasus, mencari dan memprediksi pola, serta merumuskan konjektur. Siswa Slow learner mempunyai tingkat perhatian dan daya konsentrasi yang rendah terhadap informasi yang disampaikan serta mempunyai daya ingat yang rendah karena kurang mampu untuk merekam informasi dalam jangka panjang. Slow learner juga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memahami suatu materi akademik dan membutuhkan penjelasan yang dilakukan secara berulang.

Salah satu cara untuk membantu siswa slow learner adalah dengan mengembangkan teknologi asistif iCendekia. Teknologi Asistif iCendekia adalah aplikasi yang dikembangkan berbasis mobile yang memiliki fitur pop up and lock screen. Fitur ini dirancang agar aplikasi mobile dapat mengambil alih layar smartphone dan mengingatkan untuk belajar menyelesaikan tugas. Sekali aplikasi telah mengambil alih layar smartphone maka aktivitas pengguna akan tercatat sampai pengguna menyelesaikan tugas. Fitur ini bermaksud untuk memaksa student untuk belajar mandiri, dengan menyelesaikan materi pembelajaran dan assessment yang telah dijadwalkan sebelumnya oleh teacher.

Pewarta: LHF
Editor: R7 - 01