(Foto: Kepala SMKN 1 Kuripan H. Khairul Ahmad, SP., M. Pd, saat ditemui media diruang kerjanya)


Lombok Barat - Reportase7.com


Keunggulan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kuripan, Kabupaten Lombok Barat memang sudah tidak diragukan lagi.

Dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), Infrastruktur dan peralatan yang dimiliki, dapat dikatakan sudah cukup memadai untuk ditetapkan jadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Kepala SMKN 1 Kuripan H. Khairul Ahmad, SP., M. Pd, mengatakan bahwa, SMKN 1 Kuripan sudah siap dan cukup memadai untuk pengelolaan BLUD. (09/09/2023)

"Program sudah kami persiapkan dari tahun lalu tepatnya di bulan Desember 2022, kita memulainya dengan benchmarking ke SMK 5 Jember dan SMK 5 Surabaya," ungkap Kepala SMKN 1 Kuripan H. Khairul Ahmad, SP., M. Pd, ketika ditemui media diruang kerjanya, Jumaat, (8/9/2023).

Dikatankan H. Khairul Ahmad, disana BLUD nya sudah berjalan, dan disana juga kami belajar dan mulai mempersiapkan administrasi kemudian tefa unggulan atau teaching factory nya. Jadi kita sudah sepakat dan komitmen dengan teman-teman disini, masing-masing jurusan ada tefa yang diunggulkan misalnya ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura) contohnya, masalah melon semangka sama pembibitan ini yang utama.

"Kemudian yang kedua, di agde ter (agribisnis ternak) contohnya: ayam broiler, dan yang ketiga APHP contohnya pengolahan hasil pertanian yaitu, rotian kemudian jahe instan dan itu sudah dibuat renstranya, dan tata kelolanya nya sudah dibuat dan dikumpulkan," terang Khairul.

Keuntungan yang didapatkan sekolah setepah menjadi BLUD ini untuk meningkatkan frekuensi praktik.

"Jadi di BLUD ini kan ada tata kelolanya keuntungannya itu fleksibilitas tata kelola. Sehingga kalau sekarang kita praktek, kemudian ada hasilnya, kemudian kalau dijual itu masih tarik ulur. Namun, begitu nanti sudah BLUD akan menjadi lebih leluasa artinya produk yang dihasilkan oleh siswa bisa dijual," ujarnya.

Siswa itu punya pengalaman berhasil. Jangan sampai praktek, kemudian gagal, sekolah saat ini lebih fokus praktek agar berhasil bisa dijual kalau dijual ada perbandingannya dengan biaya produksi.

Selisih hasil menjual itu yang merupakan keuntungan dan bisa memotivasi siswa bahwa praktek itu menarik, ada keuntungannya sehingga dia punya mindset nanti setelah lulus disamping dia mau melanjutkan atau bekerja, bisa juga berwirausaha karena mindsetnya sudah terbangun dari sekarang ini.

Dijelaskan Khairul, untuk produk unggulan sekolah ini ada pada agribisnis tanaman holtikultura, ada agribis ternak juga. Kedua program ini juga menjadi penilaian tim verifikasi saat kunjungan ke sekolah.

"Dan yang terakhir yaitu kami bisa belajar mengenai masalah akuntansi keuangan, sekolah memiliki potensi dan kami sudah siap untuk belajar," tandasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01