(Foto: Kepala Bidang SMA Drs Muhammad Khidlir)


Lombok Tengah - Reportase7.com

Mulai 30-31 Agustus 2023 sebanyak 45 siswa SMAN 2 Jonggat mengikuti pelaksanaan Asasmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023.

ANBK merupakan upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Proktor pelaksana ANBK Ahmad Zulfadli saat ditemui media Kamis, (31/8/2023) mengatakan jumlah sampling ANBK sebanyak 50 siswa, utama 45 orang dan cadangan 5 orang, dengan rincian 23 laki laki dan 22 orang perempuan.

"Sampling cadangan akan diaktifkan, jika salah satu dari sampling utama berhalangan untuk hadir maka akan dihadirkan sampling cadangan," ujar Zulfadli.

"Kemudian untuk jadwal ANBK menggunakan dua sesi, yaitu sesi pertama pukul 07.30-10.30, sesi kedua pukul 10.30–12.30, WITA, kami menggunakan waktu 90 menit, namun dikarenakan siswa sering terkendala jaringan pada saat diawal, maka kami menambah waktunya menjadi dua jam," terangnya.

Kepala SMAN 2 Jonggat Basuki, MM, juga menambahkan sebelumnya untuk jaringan internet sekolah menggunakan 20mbps dan 30mbps, namun karena biayanya sangat besar maka kami tambahkan menjadi 100mbps sehingga jaringan internetnya menjadi lancar pada saat pelaksanaan ANBK sekolah, ujarnya.

Sementara untuk persiapan ANBK, SMAN 2 Jonggat pertama mengikuti simulasi, kedua gladi bersih, dan yang terakhir pelaksanaan utama ANBK ini sendiri sudah berjalan lancar.

Dijelaskan Basuki, setelah jadwal ANBK literasi dan numerasi ini maka dilanjutkan dengan jadwal survei lingkungan belajar yang akan diikuti oleh para guru.

"Ini akan menjadi kesempatan bagi saya pribadi (Basuki) untuk mengetahui bagaimana perkembangan raport pendidikan tahun 2023, mengingat raport tahun 2022 literasi dan numerasinya masih merah dan ini perlu kita perbaiki sama-sama," tuturnya.


Hal ini juga sudah ada solusinya dengan cara minggu pertama dihari Sabtu diadakan Sabtu Budaya kemudian minggu kedua ada literasi dan numerasi. Sekolah juga telah merevitalisasi komunitas belajar di sekolah untuk para guru-guru untuk persiapan sebagai wahana, media jika ada menemukan masalah dalam proses pembelajaran di kelas, tutup Basuki.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang SMA Drs. Lalu Muhammad Khidlir mengatakan pelaksanaan ANBK ini sudah dimulai dari tanggal 29 Agustus 2023, dan terdapat dua gelombang.

"ANBK ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Agustus, dan terdapat dua gelombang, gelombang pertama Senin-Selasa (28-29/8/2023), dan gelombang kedua Rabu-Kamis (30-31/8/2023)," ungkap Khidlir.

Pelaksanaan ANBK dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada suatu sekolah, bukan pada siswanya.

"Di hari pertama itu literasi, kemudian di hari kedua numerasi. Selanjutnya di raport pendidikan bukan hanya siswa saja, tetapi para guru juga akan mengikuti proses yang sama, namanya survei lingkungan belajar," tuturnya.

Tapi khusus guru dan kepala sekolah akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan September, yaitu tanggal 11-12 September 2023.

"Ada beberapa Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek pada Asesmen Nasional yaitu: instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), digunakan untuk memetakan hasil belajar kognitif, Instrumen Survei Karakter, digunakan untuk mengukur hasil belajar non kognitif, dan Instrumen Survei Lingkungan Belajar, digunakan untuk mengukur kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan," pungkasnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01