(Foto: Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd, bersama Kepala Musium Negeri NTB Ahmad Nur Alam, SH., MH, dan Tim Monitoring Museum Nasional Nurul Indrarini, S. Hum)


Mataram - Reportase7.com

Museum Negeri NTB menggelar penutupan final Lomba Cerdas Cermat (LCCM) tingkat SMP/MTs Nusa Tenggara Barat, Kamis (03/08/2023).

Kegiatan yang bertajuk "Generasi Emas Indonesia Cerlang (GEMILANG)" ditutup langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd.

Dalam kesempatan ini, Aidy menyampaikan apresiasi bahwa LCCM ini merupakan salah satu bentuk ihtiar untuk menguatkan wawasan keindonesiaan bagi generasi anak di NTB, sehingga sangat bagus jika LCCM ini juga bisa dilaksanakan di level tingkat Kabupaten/Kota.

"Jadi kita siap suportting. Saya pikir museum tidak sulit lah untuk menyiapkan tropi dan penghargaan, kita turun bersama-sama dengab museum melakukan partisipasi untuk bisa mengembangkan diri," ujarnya.

Saat ini pihaknya sudah mempunyai program eduwisata. Menurutnya, eduwista ini selain museum, juga bisa mengunjungi destinasi wisata yang ada di NTB museum, dan bisa mengunjungi tokoh-tokoh budaya untuk menggali informasi kebudayaan.


"Itu sebabnya kami bawa dalam satu brending kegiatan layanan namanya Sabtu budaya. Trimakasih teman-teman di Kabupaten Kota sudah mereplikasi itu, jadi di hari sabtu itu kita melakukan kegiatan berbudaya, tidak hanya seni, tapi ada juga kegiatan diskusi dan cerdas cermat, karna kita memberikan ruang untuk menjawab merdeka belajar", lanjut Aidy.

Aidy juga menjelaskan dalam upaya untuk membangun rasa percaya diri peserta juara yang nantinya akan tampil di kompetisi nasional pada oktober mendatang, diharapakn agar tidak hanya mengisi knowledge tapi juga spritnya.

"Untuk adek adek juara, saya berpesan waktu tinggal beberapa bulan untuk kompetisi nasional, tidak hanya mengisi Knowlage tetapi juga spritnya," pungkasnya.

Hadir dalam penutupan tersebut yakni Tim Monitoring Museum Nasional Nurul Indrarini, S. Hum, Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata kota bima, M. Natsir, M. Pd, Kepala dinas Pendidikan Kota Mataram Yusuf, S. Pd, dan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01