(Foto: Kepala SMA Negeri 2 Sanggar, Kabupaten Bima Supriadin, S. Pd)


Bima - Reportase7.com

SMAN 2 Sanggar ditunjuk melalui SK PJJ TP 2021/2022 untuk membuka SMA terbuka, di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. (21/07/2023)

Kepala SMAN 2 Sanggar Supriadin, S. Pd, saat dimintai keterangan media mengatakan saat ini jumlah siswa sekolah terbuka sudah mulai meningkat.

"Untuk siswa baru yang sudah masuk 6 orang dan akan ada penambahan lagi 9 orang karena baru kami terima berkasnya," ujar Supriadin.

Sementara jumlah untuk jenjang kelas XII ada 22 orang dan jenjang XI ada 24 orang, jadi total siswa untuk angkatan kedua ini ada 46 orang.

"Faktor penyebab anak-anak putus sekolah berdasarkan informasi dari guru-guru, karena menikah pada usia dini," imbuhnya.

Kemudian langkah-langkah yang ditempuh sekolah dalam mendapatkan siswa sekolah terbuka, dengan cara merekrut dan meminta bantuan kepada guru pengajar untuk mendata anak-anak yang putus sekolah di kecamatan Sanggar.

"Setelah diperoleh, data tersebut ditindaklanjuti dengan mengunjunginya dan menanyakan kesediaannya untuk ikut dalam SMA terbuka," lanjut Supriadin.

Lalu untuk kegiatan pembelajaran tatap muka semester ini akan dilaksanakan dua kali seminggu, dan sekolah membagikan bahan ajar untuk dipelajari dirumah.

"Untuk tempat kegiatan belajar (TKB) dilaksanakan disekolah dan tiga desa di wilayah setempat yaitu Desa Oi Saro, Desa Piong, dan Desa Boro setelah KBM reguler selesai," pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01