(Foto: Kepala SMA Negeri 1 Praya Timur Lalu Sahbin)


Lombok Tengah - Reportase7.com

SMAN 1 Praya Timur salah satu sekolah yang ditunjuk Dinas Dikbud NTB untuk membuka SMA Terbuka. Ada 5 sekolah yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, salah satunya SMAN 1 Praya Timur.

Ditemui media Reportase7 diruangannya Senin, (10/07/2023) Kepala SMAN 1 Praya Timur Lalu Sahbin menerangkan bahwa, SMA Terbuka mulai dibuka SMAN 1 Praya Timur pada tahun 2021 dengan total jumlah siswa 230 siswa.

"SMAN 1 Praya Timur mulai dibuka pada tahun 2021/2022 dengan angkatan pertama kelas X-XI berjumlah 230 siswa. Tentu, keberadaan SMA Terbuka di Praya Timur ini sangat membantu anak-anak yang drop out atau putus sekolah," ujar Mamiq Sahbin panggilan akrabnya.

Menurut Miq Sahbin, ada berbagai faktor penyebab anak-anak putus sekolah terutama letak geografis, lalu yang kedua karena minimnya ekonomi sehingga tidak ada waktu untuk sekolah dengan alasan dituntut oleh orang tua untuk membantu bekerja.

"Selain itu juga adanya faktor pernikahan pada usia dini. Sekolah terbuka disini sangat membantu anak-anak, hal ini dapat dilihat dari jumlah peminat atau yang mendaftar melalui SMAN 1 Praya Timur sebagai sekolah induk," ujarnya.

Jika dilihat dari letak geografis anak-anak, Praya Timur ini membuka enam TKB yaitu, di Desa Marong, Telok, Kidang, Prateng, dan Janapria.

Bahkan untuk tahun ini akan dibuka di Desa Pujut tergantung dari anak-anak yang mendaftar.


"Alhamdullah dari animo masyarakat khususnya anak-anak yang tidak bisa belajar di SMA Reguler sangat membantu dengan adanya sekolah terbuka ini," lanjutnya.

"Kemudian untuk pelaksanaan belajar mengajar sekolah terbuka ini langsung oleh guru SMAN 1 Praya Timur. Selain itu, pihak sekolah juga bekerja sama untuk dengan masyarakat terutama di TKB masing-masing," tutup Miq Sahbin.

Sementara dari Waka kesiswaan Nurdi Haji menjelaskan sistem belajar tatap muka, sekolah terbuka dari kebijakan sekolah yaitu dua kali seminggu.

"Itupun tergantung dari jumlah jamnya, misalkan jumlah jam matematika dalam satu semester totalnya 7kali dan dilaksanakan siang hari setelah belajar siswa SMA Reguler," jelasnya.

Untuk diketahui SMAN 1 Praya Timur berhasil meraih prestasi dalam bidang non akademik. Dua siswa sekolah ini mendapatkan medali emas dalam bidang karate Bupati Cup yang dilaksanakan di Lombok Tengah.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01