(Foto: Alumni SMK Negeri 2 Sumbawa Besar yang telah tanda tangan kontrak bekerja di PT. Trakindo utama)


Mataram - Reportase7.com

Sebanyak 16 orang lulusan SMKN 2 Sumbawa Besar, terserap di PT. Trakindo Utama. Alumni TAB tahun 2023 ini langsung diserap dengan penandatanganan kontrak pada tanggal 5 Juni 2023 di SMKN 2 Sumbawa Besar.

Ada total 16 lulusan, 15 orang telah bekerja dan satu orang mendapatkan beasiswa dari PT Trakindo untuk melanjutkan Pendidikan Tinggi vokasi pada Program Studi Teknik Alat Berat dengan pembiayaan ditanggung Perusahaan ini, yakni mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, transportasi dan tempat tinggal. 

SMKN 2 Sumbawa Besar merupakan SMK peraih anugerah istimewa sekolah (AISO) Dikbud NTB tahun 2023 untuk kategori kemitraan SMK Terbaik. Atas penghargaan yang diterima sekolah ini, tentunya akan terus meningkatkan kualitas kemitraan yang super link and match dengan DUDI.

Diantara keunggulan sekolah ini adalah adanya kelas-kelas industry Mitra DUDI.  Salah satu mitra DUDI yang membuka kelas industry di SMKN 2 Sumbawa Besar yaitu PT. Trakindo Utama. (15/06/2023)

Kepala SMKN 2 Sumbawa Besar, Khaeruddin, M.Pd ketika dikonfirmasi media, Rabu, 14/6/23, mengatakan sekolah akan terus berikhtiar dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan vokasi.

"Sekolah kami akan terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan vokasi melalui penguatan kemitraan yang superlink and match dengan DUDI yang berpedoman pada 11 strategi SMK Gemilang Karya Dinas Dikbud Provinsi NTB," ungkap Khaeruddin.

Dalam layanan pendidikannya SMKN 2 Sumbawa Besar fokus pada dua core, yaitu core tekhnologi manufatur dan rekayas, serta core tekhnologi konstruksi dan property.

Dijelaskannya, saat ini SMKN 2 Sumbawa Besar sedang menguatkan pelaksanaan Teaching Factory pada semua kompetensi keahlian untuk memperkuat pelaksanaan SMK BLUD di sekolah ini.

Dalam kegiatan pembelajaran, SMKN 2 Sumbawa Besar juga menghadirkan guru tamu dari industri, lalu melaksanakan kegiatan magang guru dan siswa untuk memperkuat kompetensi siswa.

"Lalu, agar serapan alumni di DUDI meningkat, kami saat ini sedang memperkuat peran BKK dan mempersiapkan terbentuknya LSP P1 di sekolah," tutupnya.


•Dikbud NTB Beri Tanggapan Lulusan SMK Negeri 2 Sumbawa


Kepala Bidang SMK Dikbud Provinsi NTB Khairul Ihwan, S. Pd., MT, beri tanggapan terkait diterimanya siswa ini bahwa apa yang dicontohkan oleh SMKN 2 Sumbawa besar adalah sesuatu yang idam idamkan dan membanggakan.

"Industri melakukan rekrutmen di SMK langsung. Untuk mencapai capaian ini tak lepas dari kemampuan managerial kepala sekolah dan tim nya di internal," ujar Ikhwan ketika dikonfirmasi media.

Ia berharap, mudah-mudahan apa yang berhasil dilakukan di SMK 2 Sumbawa ini menjadi praktik baik yang bisa menjadi model bagi SMK yang lain di NTB.

Ikhwan juga menambahkan, untuk semua core bidang SMK bisa memiliki peluang yg sama untuk bisa seperti itu, hanya perlu ditingkatkan daya jangkau kemitraan SMK dengan dunia industri. Core kemaritiman contoh nya juga Serapan nya tahun ini di SMK Negeri 1 Lembar lebih dari 60% lulusan tahun 2023 langsung bekerja.

"Untuk siswa yang saat ini masih duduk di kelas XI dan XII agar mengikuti dengan baik semua program sekolah, apa yang dilakukan oleh sekolah itu sehingga bisa menjadi yang terbaik," imbuhnya.

Aidy Furqan selaku Kepala Dinas Dikbud NTB juga menambahkan apa yang dicapai SMKN 2 Sumbawa ini sangat luar biasa.

"Luar biasa bahagia, program Teaching Factory membuahkan hasil dan anak-anak kita mampu bersaing, saya Bangga atas capaian sekolah ini," ungkap Aidy.

Dalam mempertahankan prestasi ini, agar terus melakukan inovasi pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Production Based Learning (PBL) serta membagi kerjasama Teaching Factory dengan Dunia Usaha dan Industri agar anak-anak didik semakin cekat terampil untuk bisa diserap pasar kerja.

"Percayakan masa depan dengan mengikuti pola pembelajaran yang digagas oleh sekolah terutama Teaching Factory," jelasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01