(Foto: Kabid PHU Hj. Eka Muftati'ah bersama tim PHU Kemenag RI bidang Dokumentasi dan Perlengkapan Hj. Rulaila dan Ikhsan Ramadhan saat Sosialisasi Aplikasi Saudi Visa Bio)


Mataram - Reportase7.com

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB melalui Bidang PHU menggelar kegiatan sosialisasi perekaman biometrik via aplikasi "SAUDI VISA BIO" bagi Operator Siskohat Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi NTB, bertempat di Lantai IV Kanwil Kemenag Provinsi NTB Kamis, (23/02/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kabid PHU Hj. Eka Muftati'ah dan didampingi oleh tim PHU Kemenag RI bidang Dokumentasi dan Perlengkapan yaitu Hj. Rulaila dan Ikhsan Ramadhan juga peserta kegiatan yang terdiri dari kepala seksi PHU dan operator SISKOHAT Kemenag Kabupaten/Kota Provinsi NTB.

Hj. Eka Muftati'ah dalam sambutannya menyampaikan agar petugas dari Kanwil bisa turut serta mengikuti kegiatan. Diharapkan juga keikutsertaan petugas yang sudah dinyatakan lulus melalui ujian CAT beberapa waktu yang lalu khusus yang dari Kanwil Kemenag NTB untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini, karena mereka juga nantinya akan menjadi petugas haji.

"Aplikasi ini adalah hal yang penting dan baru agar mereka mengetahui seperti apa perekaman bio metrik ini," ungkap Hj. Eka Muftati'ah.

Aplikasi Visa Bio tujuannya untuk mempermudah dan mempercepat jalan dan prosesnya Visa Bio, sehingga pelayanan kepada jemaah semakin kita tingkatkan.

"Aplikasi SAUDI VISA BIO dapat diunduh melalui HP android Google Play Saudi Visa Bio, dan aplikasi ini baru berlaku untuk umrah. Dan saat ini, seluruh operator akan mendengar, mencermati dan melakukan praktek cara mengoperasikan aplikasi Saudi Visa Bio ini yang dipandu dari tim PHU Kemenag RI dan seluruh peserta diminta untuk betul-betul serius dan memperhatikannya," bebernya.

Tim Pusat sebelum melakukan praktik menyampaikan bahwa salah satu kewajiban untuk mengeluarkan visa adalah harus melakukan perekaman data bio metrik melalui Saudi Visa Bio.

"Aplikasi Saudi Visa Bio ini bisa diinstal di HP android atau iPhone dengan perekaman Bio Metrik kini sudah dapat dilakukan. Sebelum tahun 2018 dan tahun 2019 juga pernah dilakukan oleh pihak ke 3," terangnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01